Home · HTML · PHP · Tips 'n Trik

Adobe Dreamweaver CS6


Web Editor

Dalam membuat suatu web tentunya kita membutuhkan editor atau aplikasi untuk menulis script html, sebenarnya editor sederhana seperti notepad pun dapat kita gunakan, namun tentu dari sisi fitur masih kurang memadai untuk penulisan kode program. Disini saya menggunakan adobe dreamweaver sebagai edior dalam penulisan program, mari kira bahas lebih detil mengenai adobe dreamweaver.

Adobe Dreamweaver CS6

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan perancangan web baik pemrograman maupun desain secara visual adalah Adobe Dreamweaver. Aplikasi ini secara umum sudah sangat popular. Aplikasi Adobe Dreamweaver menyediakan banyak fasilitas yang dapat digunakan user dalam merancang dan menghasilkan website yang interaktif dan menarik.

Saat pertama dijalankan tampilan awal atau starter page dari Adobe Dreamweaver adalah sebagai berikut:

Bagian-bagian yang terdapat pada Starter Page Adobe Dreamweaver CS5 diantaranya sebagai berikut:

Bagian kiri, yaitu Open a Recent Item merupakan alternatif untuk membuka file, atau recent file. Untuk membuka file, pilih Open pada Starter Page.

Bagian tengah yaitu Create New digunakan untuk membuat halaman web baru. Terdapat beberapa macam tipe file untuk format halaman web yang dapat Anda buat seperti HTML, Coldfusion yang merupakan bahasa script yang digunakan oleh Adobe Coldfusion, Bluedragon, dan sebagainya yang digunakan untuk scripting server-side, PHP (HyperText Preprocessor) serta ASP VBScript (ASP Visual Basic Script). VBScript merupakan bahasa scripting turunan dari bahasa pemrograman Visual Basic.

Jika pada starter page tersebut kita memilih salah satu pilihan bahasa pemrograman pada Create New, maka tampilan dari Adobe Dreamweaver akan menjadi seperti berikut:


Keterangan Gambar :
  • Document Toolbar
    Dokumen Toolbar berisi tombol-tombol yang digunakan untuk mengatur layar kerja dokumen pada dengan cepat, diantaranya Show Code view, Show Code and Design views, dan Show Design view.
  • Show Code view (Code)
Mode pada mode Code hanya akan menampilkan kode-kode script dari halaman web. Di sebelah kiri layar kerja terdapat Coding tool yang digunakan untuk mengatur kode atau script tersebut.
  • Show Code and Design views (Split)

Mode tampilan layar ini dikenal dengan mode Split, yaitu menampilkan atau menggabungkan secara bersamaan tampilan layar code dan tampilan layar design.
  • Show Design view (Design)



    Tampilan layar mode Design hanya akan menampilkan dokumen halaman web secara grafis atau visual tampa terlihat script pada Document Windows.

  • Menu Bar
    Menu bar yang terdapat pada Adobe Dreamweaver yaitu File, Edit, View, Insert, Modify, Format, Commands, Site, Window, dan Help. Setiap menu mempunyai beberapa submenu sesuai dengan kategorinya, selain itu juga mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

  • Workspace Switcher
    Workspace switcher pada Adobe Dreeamweaver berfungsi untuk mengubah atau mengatur jendela kerja sesuai keinginan, sehingga memudahkan Kita dalam membuat halaman web. Tampilan yang terdapat di dalamnya antara lain adalah mode Designer, Classic, Coder dan lain-lain.

  • Panel Group
    Panel group merupakan salah satu fasilitas yang terdapat pada Adobe Dreamweaver yang berfungsi untuk membantu dalam mengedit suatu halaman web. Panel Groups terletak di sebelah kanan layar kerja dan terdiri dari beberapa panel. Untuk menampilkan panel.

  • Tag Selector
    Tag selector berfungsi untuk menampilkan tag HTML dari objek yang terseleksi. Kita dapat meng-klik <body> untuk memilih keseluruhan elemen dokumen. Tag selector ini terdapat pada Document Window, dan terletak di bawah sebelah kiri.

  • Property Inspertor
    Pada Adobe Dreamweaver terdapat fasilitas Property Inspector yang berfungsi untuk mengatur atau mengedit properti objek-objek yang ada pada halaman web. Property Inspector menampilkan semua properti objek misalnya objek teks, objek gambar, objek tabel yang terseleksi pada jendela kerja. Dalam Property Inspector, Kita dapat dengan mudah mengatur atau mengedit properti objek, yaitu dengan memasukkan nilai-nilai parameter yang disediakan. Secara umum, Property Inspector terdiri dari Page Property, Image Property, Table Property, dan Form Property.

  • Document Windows
    Document windows menampilkan dokument dari halaman web yang aktif, atau dokumen yang sedang diedit. Pada Document window terdapat Title Bar yang menampilkan judul halaman, fasilitas Zoom, Document toolbar, dan Tag selector.
    Untuk manual lengkapnya mengenai adobe dreamweaver silakan download DISINI.
                                  

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Adobe Dreamweaver CS6"

Posting Komentar